11/16/2014

Day-1 (Axel's Report)

Hi guys! :D

Saya Axel Novandy Pradhana, salah satu anggota kelompok dari CB Pancasila Kelompok 5 LB66 Binus University.Saya dari jurusan Teknik Informatika akan bercerita sedikit tentang Kegiatan yg sudah saya lakukan bersama rekan kelompok CB pada rabu kemarin tanggal 5. kegiatan yang kami lakukan adalah "Membersihkan Lingkungan dari sampah".

Tujuan dari kegiatan Character Building : Pancasila ini adalah membangun karakter mahasiswa - mahasiswa untuk peduli terhadap lingkungan dan membangun tanggung jawab pada diri mereka masing - masing.

Kegiatan ini juga dilandasi pada ideologi bangsa yaitu pancasila. Baik itu sila pertama, yaitu "Ketuhanan Yang Maha Esa". Dengan menjaga kebersihan, itu adalah suatu ibadah kita terhadap Tuhan YME.

Seperti kita tahu, bahwa sebentar lagi indonesia memasuki musim hujan. Dimana biasanya di Ibu Kota seperti daerah dekat Univ. Binus itu terjadi banjir. Maka dengan kegiatan bermanfaat ini, kita bisa mengingatkan pada diri kita dan juga masyarakat sekitar yang melihat kegiatan kami untuk sadar dan peduli terhadap lingkungan, terutama pada sampah. Sampah yang dibuang sembarangan dan menyumbat selokan disamping jalan itu dapat membuat selokan tidak berfungsi secara maksimal. Akhirnya saat musim hujan selokan yang awalnya berfungsi untuk mengalirkan air tersebut malah tersumbat dan air pun tumpah ruah ke jalanan yang menyebabkan banjir.

Sampah juga menjadi sumber penyakit, seperti demam berdarah. Sampah botol atau plastik adalah sarang yang bagus untuk nyamuk berkembang biak. Oleh karena itu jika kita rajin membuang sampah pada tempatnya, berarti kita menjaga diri kita dan lingkungan dari penyakit  demam berdarah

Kegiatan kami dimulai dengan membersihkan wilayah di sekitar Kampus Syahdan, lebih tepatnya di Binus Centre. Binus Centre merupakan salah satu cabang Yayasan Binus yang bergerak dalam memberi berbagai pelatihan atau course baik dalam bidang teknologi komputer, web-design, maupun keterampilan berbahasa Mandarin dan Inggris bagi non-mahasiswa. Mereka yang mengambil kursus ini bisa saja karyawan/i perusahaan maupun siswa SMA.

Pada tanggal 5 Oktober 2014, Saya, Michelle, Ayu, dan Reyhan ditugaskan untuk mematikan semua komputer yang berada di salah satu kelas. Selanjutnya kami mencari sampah yang mungkin ada di ruang tunggu Binus Center, tetapi kami tidak menemukan adanya sampah berserakan disana. Lalu kami bertanya kepada salah satu staff di Binus Center, lalu ia menugaskan kami untuk isi tempat sampah ke bak sampah yang ada di depan gedung Binus Center. Diawali dari bawah, kami menyusuri seluk beluk ruangan untuk mencari tempat sampah yang sudah penuh. Setelah sampah yang berada di lantai 1 habis, kami melanjutkan penulesuran kami ke lantai 2. Setelah semua sampah kami buang ke bak sampah, kami pun bertanya kepada staff Binus Center tadi dan beliau berkata bahwa tugas kami sudah selesai.

ini adalah laporan saya di hari pertama bertugas untuk menjaga kebersihan sampah di lingkungan Binus Center. Sekian dari saya, Terimakasih :D

1 comment:

  1. Halo teman teman, saya tangkas dari TFI mau memberitahukan bahwa posting / penulisan laporan dari kelompok ini masih kurang, seharusnya posting / penulisan laporan dilakukan oleh tiap tiap orang/anggota kelompok, terdiri dari 3 kali kegiatan bersih bersih dan 1 kali kegiatan sosialisasi, mohon disampaikan ke teman teman yang lainnya ya...terima kasih

    ReplyDelete